Cerdas Memilih Jenis Oven Untuk Dapur Anda

Cerdas Memilih Jenis Oven Oven memang bukan alat masak utama yang wajib ada di dapur setiap ibu, namun oven cukup penting di perlukan bagi Anda yang ingin melakukan inovasi dalam makanan Anda ataupun membangun usaha kuliner yang berhubungan dengan penggunaan oven. Oven biasa di gunakan sebagai alat pemanggang roti, kue maupun untuk sekedar menghangatkan makanan.

Oven memiliki berbagai macam bentuk dan jenis, yang tentunya memiliki fungsi dan efisiensi yang berbeda-beda. Beberapa oven masih bersifat tradisional, namun beberapa oven sudah di lengkapi dengan berbagai teknologi penunjang yang canggih. Beberapa jenis oven diantaranya adalah oven gas, oven listrik, oven hybrid dan beberapa jenis oven lainnya.

  1. Oven Gas

Oven gas merupakan oven yang cukup di minati atau bahkan cukup populer di kalangan masyarakat, terutama masyarakat kalangan menengah ke bawah. Oven ini cukup mudah apabila di gunakan. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang harus di integrasikan dengan kompor saat menggunakan. Kompor sendiri berfungsi untuk menghasilkan sumber panas pada oven.

Bila Anda ke pasar-pasar tradisional, maka Anda akan dengan mudah menemukan pedagang ataupun toko-toko peralatan dapur yang jual oven gas. Selain penggunaannya yang mudah dan bisa di integrasikan dengan kompor, harga dari oven ini juga cukup murah, karena oven ini hanya berupa kotak penahan panas tanpa memiliki pemanas sendiri.

Cara memilih Jenis Oven Gas Golden Stars

  1. Oven Listrik

Bila oven gas cukup populer pada tahun 90an, maka oven listrik merupakan pengembangan dari oven gas. Oven listrik merupakan oven atau alat pemanas yang menggunakan aliran listrik sebagai pemicu sumber panas untuk mematangkan makanan atau kue Anda. Oven listrik memiliki cara penggunaan yang cukup mudah, yakni hanya dengan menghubungkannya kepada sumber listrik.

Bentuk dari oven listrik ini lebih praktis, bahkan penggunaannya tak memerlukan peralatan tambahan seperti kompor atau sebagainya. Anda juga tidak perlu mengangkat atau mengubah posisi dari oven Anda saat akan menggunakannya.

  1. Oven Hybrid

Oven hybrid merupakan oven yang memiliki bentuk atau bahkan cara penggunaan sesuai dengan perpaduan dari oven listrik dan oven hybrid. Oven hybrid mengadopsi cara penggunaan oven listrik yang cukup mudah dan memiliki pengaturan tingkat panas, namun untuk sumber panas dari oven hybrid berasal dari panas api atau sumber pembakaran.

Oven hybrid biasanya memiliki bentuk yang cukup besar dan bagian ruang oven yang juga cukup luas. Efisiensi dari oven hybrid juga lebih baik dibandingkan dengan oven, oven sejenis dengan ukuran yang sama. Hal ini mengakibatkan oven hybrid banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha makanan yang pembuatannya menggunakan oven.

harga oven gas otomatis

  1. Oven Tangkring

Oven takring memiliki ukuran oven hybrid yang cukup besar, namun oven ini banyak menggunakan sistem oven gas dalam penggunaan dan cara kerjanya. Oben tangkring membutuhkan pemicu panas sebagai sumber panasnya, berupa kompor. Oven tangkring cukup mudah di gunakan dan cukup besar ukuran ruangan pemanasnya.

Oven tangkring cenderung lebih aman dibandingkan dengan oven hybrid. Kenapa? Tentu saja karena lokasi pemanasnya yang berada di luar oven. Oven hybrid yang memiliki pemanas dalam mampu menghasilkan kebocoran api dan mudah untuk mengalami kebakaran. Oven tangkring banyak digunakan dalam pabrik kue kecil dengan skala pembuatan dan penjualan rumah tangga.

Penggunaan oven dalam melakukan proses pemanasan dan pemangganggan memang saat ini bisa di gantikan oleh teflon dan beberapa alat dapur lainnya. Namun hasil dari oven dan teflon jelas berbeda. Bijak dalam memilih dan menggunakan oven Anda, akan mampu membuat Anda menjadi seseorang yang dapat melakukan penghematan rumah tangga secara mudah.