Pondasi Bor Pile, Ini Penjelasannya !

Pondasi Bor Pile, Ini Penjelasannya !

Pondasi bor pile yaitu jenis pondasi dalam berbentuk silinder yang memiliki kedalaman dan diameter tertentu. Fungsinya adalah, untuk meneruskan beban bangunan yang ada pada bagian di atas, yakni disematkan permukaan tanah bagian bawah dengan tekstur yang lebih keras, sehingga mampu menjadi pondasi sekaligu sebagai penahan beban bangunan.

 

Dalam pembuatan pondasi bor pile bisa menggunakan peralatan yang berbeda, salah satu adalah dengan menggunakan alat mini crane dapat dua metode yang berbeda, yakni :

 

  1. Bor pile basah (wash boring)

Dalam pengerjaan bor pile basah ini memerlukan air yang cukup banyak.

 

  1. Bor pile kering (dry boring)

Pekerjaan bor pile kering sendiri menggunakan alat bor dengan mata bor yang berbentuk spiral dan setiap interval 50 cm/setengah meter akan diangkat untuk mengeluarkan air serta lumpur yang ada di dalam lubang.

 

Sementara proses pembuatan pondasi bor pile terdiri dari beberapa tahap yaitu :

 

  • Proses pengeboran harus dilakukan pada titik-titik bor yang sudah direncanakan. Pengeboran bisa dilakukan dengan cara wash boring ataupun dry boring, sebaiknya pilihlah metode yang benar-benar tepat.
  • Setelah proses pelubangan tanah selesai, langkah berikutnya adalah memasukkan besi tulangan yang telah dirakit ke dalam lubang bor. Sedikit saran, sebaiknya setelah proses ini selesai, segera lakukan pengecoran dengan menggunakanbeton basah. Cara ini berguna  untuk meminimalisir resiko terjadinya longsoran dinding lubang bor.
  • Selanjutnya adalah proses pengecoran, proses pengecoran bisa dilakukan dengan menggunakan alat mini crane yang telah dilengkapi dengan pipa penghantar / tremi. Pasangkan tremi di tengah besi tulangan sebagai tempat penyaluran cor basah. Hal ini berguna agar material cor tidak tercampur dengan air dan lumpur.

 

Kelebihan membuat pondasi bor pile menggunakan alat mini crane

 

  • Mudah menjangkau lingkungan yang padat bangunan.
  • Tidak menimbulkan getaran sehingga tidak merusak bangunan yang ada di sekitarnya.
  • Tidak memerlukan jangkauan area yang luas untuk manuver peralatan selama proses pengerjaan.
  • Pondasi bisa menampung beban dengan sangat kuat.

 

Kekurangan membuat pondasi bor pile menggunakan alat mini crane

 

  • Waktu pengerjaan relatif lebih lama daripada pembuatan tiang pancang biasa.
  • Akan menimbulkan becek pada daerah sekitar namun hanya selama proses pengerjaan saja.

 

Dari infomasi di atas diketahui bahwa pengunaan bor pile memiliki banyak sekali keuntungan / kelebihan. Walaupun bor pile juga memiliki kekurangan, namun kekurangan tersebut tidak menimbulkan resiko yang berbahaya ataupun yang akan merugikan Anda. Sebab, apabila Anda menggunakan jasa kami, maka kami akan melakukan proses pengerjaan dengan cepat tanpa mengurangi kualitasnya.

 

Kami selaku penyedia jasa pembuatan pondasi bor pile menawarkan kepada Anda hasil pekerjaan yang terbaik karena kami mempekerjakan para tenaga yang sudah berpengalaman dan telah lama berkecimpung dalam pembuatan pondasi bor pile. Jika Anda berminat menggunakan jasa kami, silahkan hubungi sejasaku.net melalui kontak di bawah ini.