5 Alasan Besar untuk Memasak Bersama Anak-Anak Anda

5 Alasan Besar untuk Memasak Bersama Anak-Anak AndaKetika datang untuk membesarkan pemakan petualang, itu bukan hanya tentang membujuk anak-anak untuk makan sayuran mereka. Membawa seorang anak yang dapat menikmati semangka sebanyak cupcake membutuhkan kesabaran dan ketekunan, tetapi tidak harus merasa seperti tugas.

Anak-anak mungkin perlu memiliki pengalaman menyenangkan yang melibatkan makanan untuk mengatasi kecemasan yang mungkin mereka miliki saat merasakan yang tidak dikenal. Seiring waktu, memasak bersama anak-anak Anda dapat membantu membangun kepercayaan diri itu — dan memberikan pengalaman sensori yang kaya.

Berikut ini lima cara untuk menikmati memasak dengan anak-anak Anda sambil membesarkan pemakan petualang di sepanjang jalan.

Libatkan indera lain. Untuk seorang pemakan yang ragu-ragu, mencicipi makanan yang tidak dikenal kadang-kadang bisa mengintimidasi. Anda dapat membantu anak Anda mengeksplorasi makanan saat memasak menggunakan indera lain selain rasa. Ini membantu membangun hubungan positif dengan makanan. Menguleni adonan, membilas sayuran, dan merobek selada melibatkan sentuhan makanan dan merasa nyaman dengan tekstur. Rasa kompleks yang kita alami ketika makan makanan datang dari kedua sensasi rasa dari lidah DAN berbau dengan hidung. Saat memasak dengan bahan-bahan baru, beberapa anak mungkin merasa terlalu kewalahan untuk dicicipi. Jika ini terjadi, Anda dapat mencoba menyarankan untuk mencium makanan terlebih dahulu; ini bisa menjadi jembatan untuk mencicipi di masa depan.

Baca Juga : Vitamin Otak Untuk Anak 5 Tahun

Gunakan memasak untuk membesarkan anak-anak pintar. Ada begitu banyak pelajaran yang bisa diajarkan saat memasak. Konsep matematika seperti menghitung, mengukur, dan fraksi secara alami terungkap ketika menavigasi resep dengan anak-anak. Menjelaskan bagaimana makanan berubah dengan suhu atau bagaimana makanan tertentu dapat membantu tubuh kita menjadi sehat memberikan pelajaran yang bagus dalam sains. Saat memasak bersama anak Anda, latihlah kosakata baru saat Anda mendeskripsikan bagaimana makanan terlihat, terasa, dan rasanya. Mengikuti resep dari awal sampai akhir membantu membangun keterampilan untuk merencanakan dan menyelesaikan proyek.

Jadikan memasak bagian dari budaya keluarga. Makanan keluarga dapat dimulai di dapur saat Anda memasak bersama. Persiapan makanan keluarga adalah kesempatan untuk merayakan warisan budaya Anda dengan menurunkan resep. Bantu anak-anak Anda menemukan resep musiman baru untuk ditambahkan ke buku masak repertoar dan keluarga Anda. Memasak bersama dan memprioritaskan kesehatan atas kenyamanan makanan olahan adalah cara yang bagus untuk memimpin dengan memberi contoh dan membantu anak-anak Anda membeli budaya kesehatan. Membangun tradisi harian dan musiman seputar memasak bersama membantu memperkuat komitmen keluarga Anda terhadap gaya hidup sehat.

Tetap aman. Ajarkan kepada anak-anak pentingnya tetap aman saat memasak dengan menunjukkan kepada mereka cara memegang peralatan dapur dengan aman, bagaimana menggunakan sarung tangan oven untuk melindungi tangan dari panas, dan cara menyalakan dan mematikan alat dengan aman. Selalu awasi anak-anak saat memasak untuk memastikan mereka bertahan dengan tugas yang aman dan sesuai usia. Cara terbaik untuk tetap memasak dengan aman adalah dengan mengetahui kemampuan anak Anda dan tahap perkembangannya. Seorang anak berusia empat tahun, misalnya, mungkin tidak siap untuk menumis sayuran di atas panci panas, tetapi mungkin memiliki keterampilan motorik halus untuk membilas buah-buahan atau merobek daun salad. Mengingat keselamatan, tidak sulit untuk mendapatkan anak-anak — bahkan balita — yang terlibat di dapur.

Baca Juga : Vitabrain Untuk Anak Autis

Mintalah masukan. Anak-anak merasa lebih disertakan dalam waktu makan ketika mereka diminta untuk menjadi bagian dari persiapan makanan. Berkolaborasi dengan anak-anak Anda saat memilih resep untuk hidangan utama atau sisi. Biarkan mereka membantu Anda membuat daftar belanja dan menemukan bahan makanan di toko atau pasar petani. Saat memasak bersama, biarkan anak-anak menawarkan kritik terhadap makanan yang Anda siapkan. Bersama-sama Anda dapat memutuskan bahan apa yang harus Anda tambahkan untuk meningkatkan rasa. Bicarakan tentang bagaimana orang menikmati selera yang berbeda, dan bagikan preferensi Anda satu sama lain. Membiarkan anak-anak “bertanggung jawab” atas rincian seperti bagaimana mengatur meja akan membantu mereka merasa diinvestasikan pada waktu makan.

Selama bertahun-tahun, memasak sebagai keluarga akan membantu mengembangkan seorang pemakan yang senang dan suka bertualang dengan beberapa keterampilan hidup yang sangat berharga — dan banyak kenangan indah di dapur. Dengan latihan yang cukup, anak Anda suatu hari nanti akan bisa memasak ANDA makanan yang lezat!