Perawatan dan Pengobatan Penyakit Tulang Paget

Perawatan dan Pengobatan Penyakit Tulang Paget

Dalam banyak kasus, penyakit Paget berkembang perlahan. Penyakit ini dapat secara efektif dikelola di hampir semua orang. Komplikasi mungkin termasuk:

Komplikasi Penyakit Tulang Paget

  • Fraktur Tulang dipengaruhi oleh penyakit Paget besar dan padat, yang lemah dan rapuh. Ini membuatnya mudah patah tulang. Pembuluh darah lain yang dibuat di tulang-tulang ini mengalami deformasi, sehingga mereka berdarah lebih banyak selama operasi perbaikan.
  • Deformasi tulang dapat meningkatkan jumlah ketegangan pada sendi di dekatnya, yang dapat menyebabkan osteoarthritis.
  • Gagal jantung. Kelainan penyakit Paget dapat memaksa jantung untuk bekerja lebih keras untuk memompa darah ke bagian tubuh yang terkena. Pada orang dengan penyakit jantung yang sudah ada, peningkatan beban kerja ini dapat menyebabkan gagal jantung.
  • Kanker tulang. Kanker tulang terjadi kurang dari 1 persen dari penyakit Paget.

Cara mendiagnosis penyakit tulang paget

Berbagai tes dapat menentukan diagnosis penyakit tulang Paget. Dokter juga dapat meminta berbagai jenis tes selama perawatan, untuk melihat apakah obat bekerja.

Pemeriksaan gambar

  • X-ray. Tanda tidak biasa pertama penyakit Paget biasanya ditemukan pada sinar-X diambil untuk alasan lain. Citra X-ray tulang dapat menunjukkan area resorpsi tulang, pembesaran tulang dan distorsi yang merupakan karakteristik penyakit Paget, seperti kelengkungan tulang panjang.
  • Pemindaian tulang. Dalam pemindaian tulang, zat radioaktif disuntikkan ke dalam tubuh. Bahan ini pergi ke titik-titik pada tulang yang paling dipengaruhi oleh penyakit Paget, mencerahkan pada gambar yang dipindai.

Eksperimen eksperimental

Orang dengan penyakit tulang Paget biasanya memiliki tingkat alkali fosfatase yang tinggi dalam darah. Mereka juga mungkin telah meningkatkan jumlah hidroksiprolin dalam urin, terutama jika penyakit mempengaruhi lebih dari satu tulang.

Perawatan dan Pengobatan Penyakit tulang paget

Tanpa gejala, mungkin tidak perlu perawatan. Namun, jika penyakit ini aktif – ditunjukkan dengan tingkat alkali fosfatase yang tinggi – dan beresiko tinggi mempengaruhi tubuh, seperti tengkorak, tulang belakang, dokter mungkin menyarankan pengobatan untuk mencegah komplikasi, dengan atau tanpa gejala.

Obat

Osteoporosis (bifosfonat) adalah pengobatan yang paling umum untuk penyakit tulang Paget. Beberapa bifosfonat dianggap oral, sementara yang lain disuntikkan. Bifosfonat oral pada umumnya dapat ditoleransi dengan baik, tetapi dapat menyebabkan iritasi pada saluran gastrointestinal. Misalnya:

  • Alendronate (Fosamax).
  • Ibandronate (Boniva).
  • Pamidronate (Aredia).
  • Risedronate (Actonel).
  • Zoledronic acid (Zometa, Reclast).

Jika Anda tidak dapat mentolerir bifosfonat, dokter Anda mungkin meresepkan kalsitonin (Miacalcin), hormon alami yang terlibat dalam regulasi dan metabolisme kalsium tulang. Calcitonin adalah obat untuk dirinya sendiri dengan suntikan. Efek samping mungkin termasuk mual, kemerahan dan iritasi di tempat suntikan.

Operasi

Dalam kasus yang jarang terjadi, operasi mungkin diperlukan untuk:

  • Bantu menyembuhkan retakan.
  • Penggantian sendi yang rusak karena radang sendi yang parah.
  • Menata ulang tulang yang rusak.
  • Kurangi tekanan pada saraf.

Paget sering menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak pembuluh darah di tulang yang terkena. Perubahan ini meningkatkan risiko kehilangan darah yang serius selama operasi. Jika Anda merencanakan operasi yang berkaitan dengan tulang yang dipengaruhi oleh penyakit Paget, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat untuk mengurangi aktivitas penyakit, langkah yang cenderung mengurangi kehilangan darah selama operasi.

Gaya hidup dan pengobatan

  • Mencegah jatuh. Penyakit Paget menempatkan risiko patah tulang. Mintalah saran dokter Anda tentang pencegahan jatuh. Dokter Anda dapat merekomendasikan menggunakan tongkat atau tongkat. Lepaskan penutup lantai yang licin, gunakan karpet tanpa karpet di bak mandi atau shower dan pasang pegangan tangan di tangga dan bar di kamar mandi.
  • Makan dengan baik. Pastikan diet mengandung kadar kalsium dan vitamin D yang cukup, yang memfasilitasi penyerapan kalsium. Ini sangat penting jika diobati dengan bifosfonat. Tinjau pola makan Anda dengan dokter dan tanyakan apakah Anda harus mulai mengonsumsi vitamin, suplemen kalsium.
  • Berolahraga secara teratur. Olahraga teratur sangat penting untuk menjaga kekuatan sendi dan tulang. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan untuk menentukan jenis, durasi, dan intensitas latihan yang tepat. Beberapa kegiatan dapat menyebabkan terlalu banyak tekanan pada tulang yang terkena.