3 Faedah Bunga Kembang Sepatu

3 Faedah Bunga Kembang Sepatu

Bunga ini diketahui indah serta berwarna-warni, ada yang merah ada pula yang kuning, putih, orange, pink ataupun warna lainnya. Orang mengenalnya menjadi bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis) atau wora-wari yang biasa di ucap oleh orang Jawa. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Malvaceae. Tanaman kembang sepatu ini banyak ditanam orang di halaman rumah menjadi tanaman hias atau menjadi pagar hidup. Bunganya yang indah dan warna yang mencolok dapat memberikan kesegaran mata dan mempercantik pekarangan. Untuk perkembangbiakannya, biasanya dikerjakan dengan cara stek batang atau cangkok. Jarang sekali yang menggunakan bijinya.

3 Faedah Bunga Kembang Sepatu

Nyatanya bunga kembang sepatu ini begitu berguna untuk penyembuhan, hampir semua sisi bunga sepatu, mulai dari akar, batang, daun, bunga, dan kelopak bunga bermanfaat untuk kesehatan. Sisi bunganya mempunyai kandungan gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai dampak diuretic dan choleretic, membuat lancar peredaran darah, menahan desakan darah tinggi, serta bertindak terpenting menjadi tonik (obat kuat).

Asam aminonya bertindak dalam skema peremajaan sel badan. Sedang akar dan daunnya mempunyai kandungan Calcium oksalat, peroxidase, lemak dan protein. Kira-kira 15-30 % dari tanaman bunga sepatu terbagi dalam asam tanaman. Termasuk asam sitrat, asam malat, asam tartarat dan allo-hidroksisitrat lakton asam, yaitu asam kembang sepatu.

1. Obat Sakit Panas

Biasanya, anak-anak seringkali diserang sakit panas karena kehujanan, makan es atau jajan asal-asalan. Tidak butuh menggunakan obat dokter untuk beberapa penyakit semacam ini sebab malah membuat kebal badan si anak alami penurunan. Mengambil saja akar dari tanaman kembang sepatu, bersihkan bersih lantas tumbuk sampai halus. Rebus di air mendidih saat 30 menit, lantas saring. Minum airnya sekaligus juga. gambar lewat: Wikipedia
Biasanya, anak-anak seringkali diserang sakit panas karena kehujanan, makan es atau jajan asal-asalan. Tidak butuh menggunakan obat dokter untuk beberapa penyakit semacam ini sebab malah membuat kebal badan si anak alami penurunan. Mengambil saja akar dari tanaman kembang sepatu, bersihkan bersih lantas tumbuk sampai halus. Rebus di air mendidih saat 30 menit, lantas saring. Minum airnya sekaligus juga.

Baca juga di bunga papan murah semarang

2. Mengobati Batuk dan Sariawan

Tidak hanya dapat menurunkan sakit panas anak, tanaman kembang sepatu ini juga dapat dipakai untuk mengobati batuk dan sariawan. Mengambil daun kembang sepatu seperlunya, bersihkan bersih lantas rebus di air mendidih saat 15 menit. Saring airnya lantas diminum. gambar lewat: Wikimedia Commons
Tidak hanya dapat menurunkan sakit panas anak, tanaman kembang sepatu ini juga dapat dipakai untuk mengobati batuk dan sariawan. Mengambil daun kembang sepatu seperlunya, bersihkan bersih lantas rebus di air mendidih saat 15 menit. Saring airnya lantas minum air rebusan itu.

3. Mengobati Bronkhitis

Bronkhitis ialah peradangan pada bronchus yang menyebabkan terganggunya kapasitas aliran pernapasan ke paru-paru. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan bunga dari kembang sepatu. Jalannya, rebus bunga sepatu seperlunya saat 15 menit. Saring airnya, lantas diminum. gambar lewat: The Adventures of Pharmacist
Bronkhitis ialah peradangan pada bronchus yang menyebabkan terganggunya kapasitas aliran pernapasan ke paru-paru. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan bunga dari kembang sepatu. Jalannya, rebus bunga sepatu seperlunya saat 15 menit. Saring airnya, lantas diminum.