Manfaat dan Bahaya Pakai Korset Pelangsing Perut Saat Hamil!

Manfaat dan Bahaya Pakai Korset Pelangsing Perut Saat Hamil!

Kehamilan merupakan hal yang paling diinginkan oleh seorang wanita yang belum pernah memiliki anak. Tetapi ketika hamil, tubuh calon ibu akan mudah lelah dan tidak merasa nyaman saat sedang beraktivitas maupun tidak. Oleh karena itu, banyak aksesoris yang dirancang khusus untuk membuat ibu hamil merasa nyaman selama mereka sedang dalam masa kehamilan.

Salah satunya adalah korset pelangsing perut, memang pada umumnya korset digunakan pasca melahirkan untuk mengembalikan bentuk tubuh sang ibu. Tetapi ketika hamil, korset dipercaya dapat membantu merenggangkan otot punggung yang nyeri. Perlukah korset ketika hamil? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat korset bagi ibu hamil

Korset ketika digunakan oleh ibu hamil dapat bermanfaat untuk menopang bagian perut dan bawah punggung. Alat yang bersifat elastis dan fleksibel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi wanita hamil yang cenderung aktif, terutama ketika trimester kedua maupun ketiga.

Berikut ini 3 manfaat korset saat hamil:

  • Mengurangi rasa sakit saat hamil

Ketika wanita mulai hamil, postur tubuh mereka cenderung mengalami perubahan, ibu hamil juga mengalami kesulitan untuk duduk atau berjalan. Aktivitas yang mereka lakukan juga memberikan tekanan yang berlebih pada bagian perut, itu salah satu penyebab mereka sering mengalami nyeri punggung pada bagian bawah.

Bagi ibu hamil yang mengalami hal tersebut, korset pelangsing perut dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan penelitian Spine Journal dari Healthline, Ketika wanita menggunakan korset saat hamil, rata-rata dari mereka mengalami penurunan rasa sakit secara menyeluruh, terutama sakit pada bagian sendi sacroiliac dan round ligament pain.

  • Membuat ibu hamil lebih nyaman

Kamu pernah menggunakan sport bra?. Karena pada dasarnya menggunakan korset pelangsing ketika hamil memiliki fungsi yang sama dengan ketika menggunakan sport bra. Keduanya memiliki fungsi untuk melindungi tubuh yang cenderung tidak nyaman saat sedang beraktivitas.

Tekanan pada korset dapat membantu menopang rahim, berkat tekanan korset tersebut, tubuh akan menjadi lebih ringan. Kamu akan menjadi lebih nyaman ketika bergerak atau melakukan aktivitas lainnya.

Tetapi, saat menggunakan korset, yang perlu kamu perhatikan adalah tekanan yang tepat dan tidak berlebihan. Karena jika daerah perut terlalu banyak menerima tekanan, sirkulasi darah akan menjadi terganggu dan dapat menyebabkan efek yang buruk pada tekanan darah kamu maupun janin yang sedang kamu kandung.

  • Memperbaiki postur tubuh

Pada dasarnya korset bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, sama halnya pada ibu hamil. Ketika menggunakan korset postur tubuh juga akan kembali ke bentuk yang tepat, karena tekanan darah yang berlebih pada bagian bawah punggung dapat dicegah oleh korset.

Saat kehamilan sudah menginjak trimester ketiga merupakan waktu bagi tubuh untuk melepaskan berbagai hormon yang dapat melemaskan bagian otot, sendi maupun ligamen pada daerah panggul. Kondisi yang sudah disebutkan itu dapat ditopang dengan baik jika kamu menggunakan korset saat hamil.

Risiko menggunakan korset saat hamil

Korset memang memiliki banyak manfaat banyak manfaat ketika menggunakannya saat masa kehamilan, tetapi dibalik manfaat ada juga risiko yang ditimbulkannya. Terlalu sering menggunakan korset saat hamil berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Bukan otot punggung yang meregang, jika kamu terlalu sering menggunakan alat ini, justru otot punggung akan melemah dan dapat menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan. Tidak hanya itu, jika kamu telalu kencang dan lama dalam menggunakan korset, janin kamu juga akan mengalami bahaya. Penyebabnya adalah tekanan darah yang ada di sekitar perut dapat menurun dan menyebabkan gangguan pada pencernaan, hal itulah yang secara tidak langsung membahayakan janin di dalam kandungan.

Kebiasaan menggunakan korset ketika hamil dapat mempersulit proses melahirkan, penyebabnya adalah beban tubuh telah terbiasa ditahan oleh korset. Hal itu yang menyebabkan wanita sulit untuk memberikan tekanan pada bagian perut ketika hendak melahirkan.

Jadi, seberapa penting menggunakn korset saat hamil?

Semuanya memang memiliki manfaat maupun risikonya masing-masing. Jadi, perlu atau tidak menggunakan korset saat hamil adalah tergantung dari tujuan kamu dalam menggunakannya. Apakah untuk mengurangi nyeri saat hamil atau hanya sekedar mengikuti tren saat ini.

Hal terpenting adalah tidak dianjurkan menggunakan korset terlalu sering dan telalu ketat. Menggunakan korset sebaiknya hanya dua hingga tiga jam sehari agar otot punggung kamu tidak telalu lemah dan menyebabkan kamu kesulitan dalm proses persalinan.

Ketika kamu menggunakan korset, sebaiknya perhatikan baik-baik instruksi yang diberikan agar penggunaanya lebih aman. Jika perlu, tanyakan kepada dokter kamu cara penggunaan korset yang aman bagi ibu maupun janin yang sedang dikandung.

Daripada kamu bergantung pada korset, sebaiknya luangkan waktu kamu untuk melakukan aktivitas olahraga agar otot punggung kamu menjadi kuat. Tubuh kamu juga dapat menjadi lebih bugar dan terhindar dari risiko nyeri punggung akibat pemakaian korset pelangsing perut yang bagus saat hamil.